Teknik Refrigerasi dan Tata Udara



Kehidupan di kampus (STORY 2)
kali ini saya angkat cerita dari anak Refrinya sendiri guys (langsung). sekedar gambaran kehidupan di kampus POLBAN.
Teknik Refrigerasi dan Tata Udara adalah jurusan yang mempelajari tentang teknik- teknik pendinginan suatu ruangan atau benda. Teknik refrigerasi tidak hanya digunakan untuk peralatan rumah tangga seperti kulkas, tetapi juga digunakan untuk kegiatan komersial seperti pengawetan makanan, pengaturan temperatur di gudang, rumah, gedung dan lain lain. Teknik refrigerasi berhubungan langsung dengan berbagai ilmu teknik lainnya seperti fisika, mesin, listrik, kimia, industri, arsitektur dan lain lain.
Nah, jurusan refrigerasi dan tata udara adalah jurusan yang berkaitan erat dengan temperature, dimana studi yang dikaji dibagi menjadi tiga yaitu :
1) REFRIGERASI mengenai mesin-mesin yang bekerja dan mendinginkan objek hingga temperatur dibawah 0°C. bentuk dari refrigerator sangat beragam bukan hanya kulkas saja, tetapi untuk dapat ditemukan juga di warung, supermarket, industri makanan, pabrik obat, perkapalan, dll
2) TATA UDARA yaitu mesin yang bekerja diatas suhu 0°C dan memproses udara untuk membuat suatu bangunan menjadi nyaman dengan mengatur suhu, kelembaban dan kecepatan udaranya. contoh yang sering kita lihat yaitu AC, namun sebenarnya produknya sangat banyak dan sangat berperan penting untuk suatu bangunan, bayangkan saja setiap kita memasuki suatu bangunan seperti mall, pabrik, gedung perkantoran, supermarket, dll kita merasakan dingin maka bangunan itu memiliki sistem tata udara.
3) KONTROL mengenai sistem kontrol dan kelistrikan pada mesin-mesin refrigerasi dan tata udara.

Prospek kerja jurusan teknik refrigerasi dan tata udara :
Lulusan dari jurusan Teknik Refigerasi dan Tata Udara dapat berkerja di berbagai industri yang membutuhkan refrigerasi sebagai supervisi, kepala divisi atau manajer dari sistem refigerasi. Selain itu lulusan dari Teknik Refigerasi dan Tata Udara dapat bekerja sama dengan arsitek dalam merancang sistem tata udara dan refigerasi di dalam gedung tersebut.

nah di politeknik negeri bandung ini untuk jurusan teknik refrigerasi dan tata udara terdiri dari 2 program studi, yaitu :
1) Diploma 3/D-III teknik pendingin dan tata udara
2) Diploma 4/D-IV teknik pendingin dan tata udara
@ayudya Refrigerasi 2015

Demikian sedikit informasi mengenai Teknik Refrigerasi dan Tata Udara. semoga bermanfaat buat kita semua.

Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: M Zaky Alfarisi
Terima kasih sudah berkomentar
© blog.alfarisiku